Berbagai Sumber, dari manapun. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

RSS

Tips Mencuci Tangan Dengan Baik

From dr.Herbowo Soetomenggolo Sp.A.

        Semua orang pasti sudah mengetahui dan pernah mendengar bahwa mencuci tangan dapat mencegah kita dari penyakit menular. Banyak penyakit yang dapat dicegah hanya dengan mencuci tangan yaitu diantaranya penyakit diare, infeksi saluran napas akut (batuk pilek), konjungtivitis (sakit mata), hepatitis A, demam typhoid (tifus) dan penyakit-penyakit lainnya.

       Penelitian-penelitian menunjukkan bahwa cuci tangan dengan baik yaitu menggunakan sabun dapat mencegah penyakit. Rabie dan Curtis tahun 2006 melakukan review sistematis dan menyimpulkan bahwa mencuci tangan pakai sabun dapat menurunkan risiko infeksi saluran napas akut 6 hingga 44 persen. Review sistematis oleh Val Curtis mendapatkan mencuci tangan pakai sabun mencegah diare 44 hingga 47 persen. Selain itu dapat mencegah diare yang berat hingga 59 persen.

       Walaupun hampir semua orang pernah mendengar tentang cuci tangan pakai sabun tetapi ternyata penelitian mendapatkan kebiasaan cuci tangan pakai sabun hanya dilakukan mulai dari 0 hingga 45 persen di berbagai negara berkembang. WHO mengeluarkan panduan mencuci tangan yang dapat kita ikuti untuk mendapatkan hasil yang optimal dari mencuci tangan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar